-->

Advertesiment

SMAN 1 Cikarang Timur Gelar Panen Karya dan Karnaval P5

Redaksi
14 September 2024, September 14, 2024 WIB Last Updated 2024-09-14T01:21:18Z

Karnaval Panen Karya Siswa SMAN 1 Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi

BEKASI,ETIKANEWS.COM - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi menggelar panen karya peserta didik Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema"Go Green dan Nusantara" sebagai penerapan program Merdeka Belajar yang dicanangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).


Kepala SMAN 1 Cikarang Timur Dra. Eri Orpa  MM.,M.Si 


Kepala SMAN 1 Cikarang Timur Dra. Eri Orpa  MM.,M.Si meyampaikan merasa sangat bangga dengan panen karya, ini merupakan ajang yang menggabungkan kebudayaan tradisional indonesia dengan keterampilan kewirausahaan siswa. Melalui kolaborasi ini siswa-siswi mendapatkan kesempatan untuk memperkaya pengetahuan tentang kebudayaan lokal maupun kebudayaan nusantara juga mengembangkan dan mengasah keterampilan mereka.



"Panen karya kostum karnaval dari bahan  daur ulang sampah plastik yang mengusung tema Go green dan Nusantara, kolaborasi mapel PKWU, kimia hijau, ekskul KIR dan Ekskul KWH," kata Kepala SMAN 1 Cikarang Timur, Eri Orpa kepada media etikanews, Sabtu (14/9/2024).



Selain itu, lanjut Eri mengatakan, kegiatan pentas ini merupakan aspek karakter yang diterapkan sekali dalam semester, sedangkan temanya sudah ditentukan pemerintah. Penerapannya para peserta didik harus saling kerja sama dan bergotong royong untuk membuat suatu proyek.



"Semua nilai-nilai Pancasila diterapkan dalam kegiatan P5, seperti beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kemudian kemandiriannya, gotong royongnya, serta berpikir kritisnya juga," jelasnya.




Eri menambahkan, tujuan lainnya agar kebudayaan daerah ini tambah booming lagi dengan mengenalkan ke generasi muda, karena bagaimanapun mereka nanti yang menjadi penerus Bangsa Indonesia ini.



"Berharap dengan adanya kegiatan P5 para peserta didik tujuan pemerintah untuk menguatkan karakter Pancasila dapat tercapai," pungkasnya.


Editor: Aep Apriyatna

Komentar

Tampilkan

  • SMAN 1 Cikarang Timur Gelar Panen Karya dan Karnaval P5
  • 0

Berita Lainnya

Pemilu